KI AGENG NGERANG

Lokasi: Pedukuhan Ngerang Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo. Jarak tempuh 17 km dari pusat kota.

Ki Ageng Ngerang (Sunan Ngerang 1) adalah seorang ulama Besar atau Wali nukbah yang hidup semasa dengan Dewan Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di daerah Juwana, Lereng Muria dan di Daerah lereng pegunungan Kendeng Pati Selatan.
Nama lengkapnya Syeh Ronggo Joyo putra dari seorang ulama Besar Syeh Maulana Magribh dan menikah dengan Nyai Ageng Ngerang keturunan bangsawan Kerjaan Majapahit.

Makam beliau dipelihara dan keramatkan serta di jaga dengan baik oleh mayarakat pedukuhan Ngerang Desa Trimulyo dan terakhir kali makam di pugar total sekitar tahun 2008 dan di resmikan atau dikukuhkan oleh Keluarga Besar Keraton Surakata Hadingningkrat pada tahun 2011 bertepatan dengan bulan Maulud Haul Ki Ageng Ngerang yang ke-22.
Pelaksanaan Haul: 17 Rabi'ul Awal (Kalender Hijriyah)




Pada acara haul Ki Ageng Ngerang ke-29 dilaksanakan Kirab pada tanggal 3 Desember 2017 dan khataman Al-qur'an di tanggal 5 & 6 Desember 2017.
Puncak acara Haul Ki Ageng Ngerang yang dilaksanakan tanggal 7 Des 2017 dalam acara Pengajian Umum dengan Mauidhoh hasanah/Pembicara:
1. KH. Mustofa Bisri (Gus Mus)
2. Prof. Dr. KH KPP Noer Nasroh, SH,MM
3. KH. Kholil Sarkowi
4. Gus Gatot
5. KH. Sunhadi, S.Ag
6. Habib Yasin
7. KH. Arsyad Muhammadun
8. KH. Abdul Qurdi.
Acara dilanjutkan Sholawatan oleh Habib Ali Zaenal Abidin pada malam hari.
Peringatan haul ini dihadiri oleh Keluarga Kraton Surakarta Hadiningrat.








.

PENDAFTARAN DUTA WISATA

Powered byEMF Contact Form
GAGEGO DOLAN PATI!!!
Powered byEMF Form Builder