WADUK GEMBONG (SELOROMO)




Lokasi : Desa Gembong, Kec. Gembong, Kab. Pati. Jarak 13 km dari Pusat kota Pati

       Asal-usul nama Seloromo diambil dari kata "selo" yang berarti batu atau beberapa literasi mengatakan tempat duduk dan "romo" yang berarti orang tua laki-laki atau bapak. Secara geografis, waduk Gembong berada di lereng gunung Muria pada bagian timur dan termasuk dekat dengan Waduk Gunung Rowo. Saling sambung menyambung, Waduk Gunung Rowo yang berada di Desa Sitiluhur menjadi penyuplai air menuju Waduk Seloromo. Di sana, kita bisa menikmati air yang tertampung dalam danau besar dan melihat gunung Muria di bagian barat dengan hutan-hutan lebat di bawahnya. Perpaduan gunung, hutan, waduk, air, dan padang rumput yang hijau menjadikan danau ini sangat memukau mata dan hati.

Waduk Gembong terletak di Desa Selorejo, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km dari pusat kota. Waduk ini dibangun pada masa penjajahan Belanda (sekitar tahun 1930-1933), yang sampai saat ini masih bisa dinikmati, terutama untuk pengairan lahan yang ada di sekitarnya.

Waduk ini mengairi lahan pertanian (sawah) seluas 4.959.00 hektar di Kecamatan Gembong, Wedarijaksa, Tlogowungu, dan Pati. Selain itu, warga setempat juga memanfaatkannya untuk budidaya air tawar yang dapat menambah perekonomian warga sekitar.

Meski awalnya dibangun murni untuk pengairan, waduk ini berkembang menjadi tempat wisata yang patut untuk dikunjungi saat berada di Bumi Mina Tani. Lantaran lokasinya yang berada di kaki Gunung Muria, membuat waduk ini punya panorama alam yang indah.

Karena letaknya yang dekat dengan pusat Kecamatan Gembong. Bila wisatawan datang dari kota Pati, langsung saja menuju arah jalan Pati-Gembong. Sesampainya di sana, sudah ada berbagai petunjuk arahuntuk sampai di waduk yang juga dikenal dengan sebutan Waduk Seloromo.

        
GAGEGO DOLAN PATI!!!
Powered byEMF Form Builder